List Seserahan

Dalam adat Jawa, ada tahapan dalam upacara pernikahan yaitu seserahan. Seserahan ini melambangkan bahwa pihak cowok sebagai calon suami bertanggungjawab untuk memenuhi kebutuhan calon istri. Biasanya isi dari seserahan istilah Jawa-nya “sakpengadeg” artinya apa yang dipakai oleh wanita dari atas sampai bawah.

Isi seserahan sebenarnya juga tergantung pada kesepakatan pihak laki2 dan perempuan. Biasanya seh yang membiayai dan membeli semua seserahan itu dari pihak laki-laki tanpa mengajak pihak perempuan. Namun seiring perkembangan, terkadang daripada udah dibeli ternyata tak sama dengan selera calon pengantin wanita, maka biasanya yang belanja ya ditemeni si CPW. Jadi CPW bisa memilih yang sesuai dengan seleranya. Jumlah seserahan harus ganjil.

Berikut adalah tips-tips dalam menyiapkan seserahan :

1. Sebaiknya dibuat daftar-daftar barang yang akan dibeli. Selain baik untuk proyeksi budget, bagus juga untuk menentukan kapan sebaiknya mulai membeli barang-barang tersebut. Bisa disesuaikan dengan musim sale yang ada.
2. Setelah daftar dibuat dan budget ditentukan, sebaiknya barang seserahan dapat mulai dicicil untuk membelinya dari jauh-jauh hari. Selain meringankan secara finansial karena tidak keluar sekali banyak, dapat meringankan beban pikiran juga. Dan memilih bisa lebih rileks dan tidak terburu-buru..
3. Terutama untuk adat Jawa : Seserahan baiknya dalam jumlah ganjil sebesar 3,5,7,..13..25..39.. Terserah saja yang penting ganjil. Besarnya jumlah seserahan terserah pihak mempelai wanita. Wehehehe.. Maksud gw terserah kesepakatan bersama saja..
4. Hantaran balasan dari pihak perempuan ke pihak laki tidak boleh lebih banyak dari seserahan pihak laki-laki ke perempuan. Dalam kasus saya sih, karena masih Jawa banget, jadi cuman kasih kancing gelung, kue serta buah ke mas.
5. Sebaiknya membeli barang-barang seserahan bersama-sama dengan mempelai wanita . Kalau ibu mempelai pria ingin ikut serta membelikan tetap harus disertai dengan kehadiran mempelai wanita. Kenapa begitu ? Well, kan seserahan itu kan ujung-ujungnya buat mempelai wanita. Jadi harus sesuai dengan selera mempelai wanita. Kalau disesuaikan dengan selera ibu mempelai pria takutnya tidak sesuai selera nya. Yaah beda jama, beda generasi , pasti beda selera lah yaaa..
6. Beli kotak / wadah hantaran sesuai dengan selera kita. Tidak perlu mahal yang penting cukup menempati barang-barang seserahan yang ada. Tidak terlihat/ tampak sumpek ketika kita menempatkan barang-barang seserahan tersebut pada kotak.


7. Jika ingin menggunakan jasa hias seserahan minimal 2 minggu sebelum hari H harus menyerahkan ke tempat hias seserahan. Supaya terburu-buru pengerjaannya dan hasil maksimal.
Naah itu tadi tips-tipsnya. Pertanyaan selanjutnya, biasanya apa saja sih isi seserahan ? Oke ini aku kasih gambaran besarnya yaah :
1. Pakaian : Kebaya dan Kain/ Baju Kerja / Baju Pesta
2. Alat-alat perawatan tubuh : Body Lotion, Sabun, Shampoo, Body Splash
3. Make Up : Pelembab, Foundation, Bedak, Lipstik, Blush on, Eye Shadow, Eye Brow, Eye Liner, Maskara
4. Sepatu/Selop
5. Tas
6. Pakaian dalam / Baju Tidur / Lingerie
7. Perhiasan/Jam Tangan
8. Parfum
9. Makanan dan buah
Untuk makanan bisa berupa kue-kue kering, atau lebih baik lagi seperti jadah, jenang, wajik yang lengket-lengket gitu deh. Kata orang Jawa sih biar selalu lengket dengan pasangan. Hihihi..
Terus untuk buah, ada 2 buah jeruk gulung sebagai lambang telah gemulung (bertekad bulat). Pisang ayu sebagai lambang sedyo rahayu (sejahtera).
Harus segitu ? Yaaah bisa kurang bisa lebih. Balik lagi kembali ke budget. Kalau aku siih yaaah kurang lebih segitu lah yaaa.. Lebih dikit deeeh.. Oh buat yang bingung soal jasa hias hantaran ini ada beberapa rekomendasi. Yaitu Istje Souvenir, House of Seserahan dan The Box. Agak mahal tapi hasilnya ga usah ditanya. Bagus-bagus dan lucu.

Nah sedangkan angsul-angsulnya ( yaitu balasan untuk piha pria) :
• Seperangkat pakaian (kemeja batik, bahan celana, kemeja dan dasi, sepatu)
• Undies
• Toiletries pria
• Kue-kue

sumber:http://ceritanaru.wordpress.com

About these ads

10 Tanggapan to “List Seserahan”

  1. dita Says:

    salam kenla mba. . .
    saya mau curhat kali yah tepat nyah. . .

    klo uang hantaran dr laki2 unt perempuan itu di jawa wajib atau sesuai kesepakatan keduabelah pihak??

    tolong di email in ke aq yah mba jawaban nyah. .

  2. suaraq Says:

    besarnya uang mahar biasanya ditentukan berdasarkan pembicaraan kedua pihak, yaitu pihak calon pengantin pria dan pihak calon pengantin wanita. Dengan adanya kesepakatan, berarti kedua belah pihak telah setuju dengan besarnya uang mahar.

  3. classicalofjoy Says:

    mba, saya mau tanya, biaya seserahan untuk pria dari pihak wanita apa pria yah?

    • suaraq Says:

      kalau seserahan itu tergantung pembicaraan antara pengantin laki-laki dan perempuan .. apa saja yang di butuhkan

      biasanya kalau dari pengantin wanita ke pengantin laki-laki ada bawa .. kemeja+celana panjang, baju dalaman +CD , naju Koko 1 stel , snadal. atau sepatu,sarung, terserah ambil ny apa saja yg penting kebutuhan pria:) ambil ganjil ya.. kalau 3 ya 3 kalau 5 y 5 :)

  4. ekka Says:

    pihak cwe wajib gak mba bawa hantaran ke pihak pria..mb seserahan itu misalnya perlengkapan mnd hrs 1 merk atw gak..thx

    • suaraq Says:

      hi ekka .. kalau hantaran ke pihak pria ndak terlalu wajib ya.. biasanya si baju 1 set pria lengkap(celana,baju,dan pakaian dalam) dan buah serta makanan saja..cuman itu .. kalau misal ada bugyet lebih bisa di tambahin tersera kamu nya… mau beliin pa :D

  5. ekka_marviana@yahoo.com Says:

    Mb salam knl..aq mau tanya klw isi seserahan yg prlengkapan mandi merk ny blh beda2 gak..baju yg d pakai buat acara lamaran biasany baju ap ya mb..mohon infony

    • suaraq Says:

      hi ekka..
      kalau isi seserahan terserah saja.. , biasanya kalau mau beli untuk seserahan… ajak pihak perempuan jadi nya tahu apa yang mau dibeli :) untuk baju terserah saja bisa pake jas hitam +baju putih dan celana panjang hitam

  6. latifaa Says:

    kalo acara resepsinya di tempat laki2 gimana daah terus jaraknya juga jauuh misalnyaa di jakarta ke palembang gttuhh makasiih???

  7. suaraq Says:

    oww..aku baca nya di ceritanaru.wordpress.com….oke deh aku cantumin link kamu jugaa yaa… ~


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: